Pages

Jumat, 30 April 2010

Sapi Menjadi Pabrik Anti Body

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli-ahli Biologi terhadap seekor sapi ternyata mendatangkan sebuah hasil yang diharapkan walaupun sempat terjadi pro dan kontra antar para peneliti. Meski percobaannya memakan waktu yang relatif lama namun berkat keuletan dan kesabaran serta didukung dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini ternyata apapun resikonya, ternyata proses kloning dapat menjadi kenyataan. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Journal Nature Biotechnology.
Antibody adalah protein yang terbentuk jika zat tubuh deserang zat asing,seperti bakteri, virus, sel kanker serta racun. Protein yang terbentuk berlainan sesuai zat asing yang mengganggu tubuh. Antibody telah digunakan secara luas dibidang kedokteran sebagai pelengkap di samping obat dan vaksin. Salah satunya adalah suntikan gamma globulin untuk mengobati hepatitis. Antibody juga digunakan untuk mengatasi defisiensi imun, infeksi telinga, cacar, tetanus, rabies, herpes zoster sebagai penangkal bisa ular dan racun botulinum, bahkan untuk terapi sejumlah kasus infertilitas.
Ada dua jenis antibody, yakni monoclonal dan polyclonal. Antibody monoclonal hanya bisa membentuk satu jenis protein. Sedang antibody polyclonal mampu membentuk berbagai molekul antibody sesuai kebutuhan dalam suatu respons imun lebih diinginkan.Masalahnya, protein ini tak bisa diproduksi di laboratorium. Sejauh ini hanya bisa didapat dari donor manusia sehingga pasokannya terbatas.
HEMATECH LCC, perusahaan bioteknologi dari Sioux Falls, South Dakota, Lowa, Amerika Serikat, berpatungan dengan Kirin Brewery dari Jepang berupaya memproduksi antibody manusia leewat sapi. Kloning sapi dengan menyintesis rangkaian gen yang bisa memproduksi antibody manusia di laboratorium dan menyambungkan ke sel kulit sapi. Sel kulit sapi itu kemudian digabungkan ke sel telur sapi yang telah diambil intinya. Hasil penggabungan dirangsang untuk tumbuh sebagai embrio, lantas diimplantasikan ke rahim induk sapi.
Diharapkan, gen manusia akan aktif di tubuh sapi kloning dan memproduksi antibody yang diperlukan saat sapi diinfeksi dengan sejumlah virus dan baketri. Kenyataannya, produksi antibody sangat minim karena tidak banyak gen manusia yang aktif dalam sel sapi.
Namun, upaya HEMATECH dianggap sebagai suatu terobosan. Tahap selanjutnya pengupayaan agar gen manusia menjadi aktif dalam sel kulit sapi.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini