Pages

Selasa, 13 April 2010

Laporan Akhir PKM belom Selesai



LAPORAN AKHIR PENELITIAN

IMPLEMENTASI APP-APN (Angka Point Positif-Angka Point Negatif) UNTUK TATA LAKSANA PERATURAN DAN KETERTIBAN SANTRI
PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA
KABUPATEN NGANJUK

BIDANG KEGIATAN:
PKM-P

DISUSUN OLEH:

KETUA : DJANGGAN CAHYA BUANA 5020702011
ANGGOTA : ANA WAHDANI 5020801019
ASMAUL KHUSNA 5020801010
SUKAMIN 5020901001
CANDRA SLAMET RIADI 5020501002


SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI
PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA
(STT POMOSDA)
TANJUNGANOM NGANJUK
2010
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2010

1. Judul Kegiatan Implementasi APP-APN (Angka Point Positif-Angka Point Negatif) Untuk Tata Laksana Peraturan dan Ketertiban Santri Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa Kabupaten NGANJUK
2. Bidang Kegiatan [ √ ] PKM-P [ ] PKM-K [ ] PKM-T [ ] PKM-M
3. Bidang Ilmu [ ] Kesehatan [ ] MIPA [ ] Pertanian
[ ] Teknologi dan Rekayasa [ ] Sosial Ekonomi
[ √] Pendidikan [ ] Humaniora
4. Ketua Pelaksana Kegiatan
a Nama Lengkap
b NIM
c Jurusan
d Sekolah Tinggi
e Alamat Rumah dan No Telp/ HP
Djanggan Cahya Buana
5020702011
Teknik Industri
Teknologi POMOSDA
Desa Sodo RT 01 RW 01 Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / 085 235 319 700
5. Anggota Pelaksana Kegiatan / Penulis 4 (empat) orang
6. Dosen Pendamping
a Nama Lengkap
b NIDN
c Alamat Rumah & No Telp/HP
Hendry Eko Aridonan, ST
-
RT 01 RW 06 Bendungan Kedungrejo
Tanjunganom – Nganjuk
7. Biaya Kegiatan Total
a Dikti
b Sumber lain
Rp. 5.500.000,-
Rp. -
8. Jangka Waktu Pelaksanaan 6 (enam) bulan


Menyetujui
Ketua Jurusan Teknik Industri




AGUSTIN SOEKARSONO, ST
NIDN 0724087603 Nganjuk, 30 April 2010
Ketua Pelaksana PKM-P




DJANGGAN CAHYA BUANA
NIM 5020702011

Ketua STT POMOSDA




Ir. NIZIRWAN ANWAR, MT
NIDN 0724016401
Dosen Pendamping




HENDRY EKO ARIDONAN, ST
NIDN -




ABSTRAK
Pada dasarnya APP-APN merupakan Tata Laksana Peraturan dan Ketertiban Dalam Program Keterampilan Dan Kecakapan Hidup Santri
Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa. Untuk dijadikan pertimbangan terhadap kelulusan dan kenaikan kelas oleh lembaga kesatuan pelaksana. Untuk evaluasi, dengan demikian memudahkan dalam pelaporan dan perbaikan perkembangan pribadi persiswa, guna memudahkan dalam pembimbingan perkembangan ketrampilan pribadi santri. Untuk dijadikan dasar BP/BK (bimbingan dan koseling karir) dalam membimbing pembentukan kepribadian santri/peserta didik untuk memiliki kompetensi diri. (pelaksana sementara oleh wali kelas dan wali asrama).

Keterampilan dan kecakapan dapat terjadi pada siapa saja, baik antar guru dengan muridnya, orangtua dengan anaknya, pimpinan dengan bawahannya, antara sesama karyawan dan lain sebagainya. Keterampilan dan kecakapan merupakan bagian terpenting dari semua aktivitas, agar timbul pengertian dalam menyelesaikan tugas masing-masing.

Agar keterampilan dan kecakapan dapat tercipta secara efektif harus memenuhi prinsip-prinsip dan aturan-aturan supaya menjadikan suatu didikan yang bisa diharapkan di masa depan.

Hal seperti inilah yang dapat mendorong seseorang untuk berubah. Semoga apa yang akan kita lakukan senantiasa dapat membawa perubahan bagi hidup kita dan di masa mendatang.Amin


Nganjuk, 30 April 2010
Team PKM-P STT POMOSDA
Ttd


Djanggan Cahya Buana
Ketua Pelaksana


A. JUDUL PROGRAM

IMPLEMENTASI APP-APN (Angka Point Positif-Angka Point Negatif) untuk TATA LAKSANA PERATURAN DAN KETERTIBAN SANTRI PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA

B. LATAR BELAKANG MASALAH
Berawal dari belum adanya pendataan dan tindakan kongrit atas pelaksanaan konsekuensi/hukuman dengan ditunjukkan data, untuk dapatnya melihat melalui data atas perkembangan kepribadian santri. Keterpaduan program melalui pendataan dan pengadministrasian kegiatan-kegiatan ektra dan intra kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, kehumasan, keamanan dan ketertiban adalah merupakan kegiatan kepondokan. Hal ini untuk memberikan kemudahan dalam evaluasi pelaksanaan dan sebagai data laporan kepada pimpinan yang nantinya akan menjadi kebijakan dalam kebaikan-kebaikan yang diperlukan.

C. PERUMUSAN MASALAH
Pendidikan yang terorganisir secara legal-formal dalam pengertian menjalankan amanah dengan cita-cita luhur mempersiapkan Generasi al-Arif billah dengan sistem madrasah/sekolah dan sistem pondok dalam sistem kesatuan program kegiatan yaitu melalui kurikulum, kesiswaan, humas, sarana - prasarana dan tata peraturan dan ketertiban, juga asrama dengan kegiatan intra dan ekstra, hal ini merupakan bagian dari proses pengkayaan pengalaman belajar santri / siswa untuk kompeten, yaitu maksud kompetensi yang merupakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak secara konsisten dan terus-menerus memungkinkan seseorang untuk menjadi kompeten, dalam pengertian memiliki pengetahuan, keterampilan, dan lain-lain dasar untuk melakukan sesuatu.

D. TUJUAN PROGRAM
 Untuk evaluasi, dengan demikian memudahkan dalam pelaporan dan perbaikan perkembangan pribadi persiswa, guna memudahkan dalam pembimbingan perkembangan keterampilan pribadi santri.
 Untuk dijadikan dasar dalam membimbing pembentukan kepribadian santri/peserta didik untuk memiliki kompetensi diri.
 Untuk mengevaluasi terhadap perjalanan pengkaderan melalui pengkayaan belajar dalam perjalanan pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan di POMOSDA. Sehingga dapat merancang strategi pembelajaran lebih lanjut melalui identifikasi pencapaian belajar siswa.

E. LUARAN yang DIHARAPKAN
 Menjadikan peserta didik atau santri lebih bisa berinstropeksi diri dan menjadikan perilaku santri lebih bermartabat serta dewasa.
 Dengan adanya APP-APN ini maka kami harapkan dapat meminimalisasi tingkat pelanggaran sehingga terbentuknya kepribadian santri yang baik.
 Menjadikan santri lebih terampil, cakap, kreatif dan inovatif

F. KEGUNAAN PROGRAM
- Monitoring kegiatan santri KBM di kelas
- Monitoring kegiatan santri berjama’ah
- Monitoring kegiatan santri belajar malam
- Monitoring kegiatan santri kosakata pagi
- Monitoring kegiatan santri ngaji dan tadarus
- Monitoring kegiatan santri pramuka, ekstrakurikuler, dan PMR
- Monitoring kegiatan santri piket dan jaga
- Monitoring kegiatan santri piket kebersihan
- Monitoring kegiatan kegiatan administrasi kegiatan (oleh) santri.
- Monitoring kegiatan terhadap perkembangan keterampilan hidup oleh siswa melalui kontrol dan pengawasan.
- Monitoring kegiatan terhadap BP/BK (BKK) (Bimbingan Penyuluhan dan Bimbingan Karir, Bimbingan dan Konseling Karir), yang dapat berkomunikasi baik dengan baik dan dapat menyelaminya.
G. TINJAUAN PUSTAKA
 Produktivitas dan Penilaian Kegiatan
Produktivitas meliputi :
- Peningkatan prestasi santri
- Peningkatan absensi kegiatan
- Penurunan tingkat pelanggaraan
Penilaian kegiatan hendaknya memberikan suatu gambaran akurat mengenai prestasi santri. Untuk mencapai tujuan ini, sistem-sistem penilaian harus mempunyai hubungan dengan kegiatan harian santri dan KBM

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Penelitian ini diterapkan dengan metode studi kasus di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (SMA POMOSDA). Instrumen pengambilan data adalah Sistem APP-APN Lembaga POMOSDA yang dibangun berdasarkan tujuan dan ruang lingkup yang telah ditetapkan.
Adapun spesifikasi sistem yang akan dibangun adalah :
1) Data yang dibutuhkan adalah data pada kegiatan Pendidikan, kegiatan Harian/Keasramaan santri, Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat
2) Perbandingan data dilakukan terhadap data sebelum dan sesudah diterapkannya Sistem APP-APN
3) Data yang akan diolah didapat dari input/masukan dari santri dan manajemen (ustad/ustadzah, staf-staf) terhadap sistem yang akan diterapkan.
4) Setiap ustad/ustadzah maupun staf-staf dapat merekam, merubah, dan melihat data kegiatan Pendidikan, Kegiatan Harian/Keasramaan, Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat.
5) Setiap ustad/ustadzah maupun staf-staf dapat diberikan target khusus dari atasannya dengan bantuan sistem.
Tahapan-tahapan yang diambil dalam penelitian ini adalah :
1) Untuk membuat sistem APP-APN dan menerapkan sistem APP-APN pada Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (SMA POMOSDA)
2) Tersedianya sistem untuk merekam dan memantau kegiatan santri
3) Tersedianya sistem penilaian yang lebih objektif berdasar fakta dan kriteria kegiatan yang terukur dengan metode point (Point Alocation Method)
4) Tersedianya sistem untuk media komunikasi antara ustad/ustadzah, staf-staf dan santri dalam meningkatkan produktivitas kegiatan dan pembelajaran.
Sedangkan analisis dan pemrosesan data dilakukan dengan membandingkan dokumentasi data kegiatan santri dan penilaian ustad/ustadzah maupun staf-staf sebelum dan sesudah adanya system.

I. PELAKSANAAN PROGRAM
Waktu Pelaksanaan : Desember 2009 sd Mei 2010
Tempat Pelaksanaan : SMA POMOSDA NGANJUK
Instrumen Pelaksanaan : • Santri/Siswa SMA POMOSDA
• Staf/Karyawan SMA POMOSDA
• Wali Kamar Asrama POMOSDA
• Wali Kelas SMA POMOSDA
• BP/BK SMA POMOSDA

TAHAPAN PELAKSANAAN
No Uraian Kegiatan Bulan Ket
Oktober 09’ Desember 09’ Januari 10’ Februari 10’ Maret 10’ April 10’
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Penyusunan Tema Usulan PKM
2 Penyusunan Proposal Pengajuan
3 Revisi Proposal Pengajuan
4 Finishing Proposal Pengajuan
5 Pengiriman Proposal Pengajuan
6 Up Grading
7 Penyusunan Form Kaidah Kepondokan
8 Sosialisasi Kaidah Kepondokan Kepada Pihak Terkait
9 Pelaksanaan Implementasi
• Monitoring kegiatan santri KBM di kelas
• Monitoring kegiatan santri berjamaah
• Monitoring kegiatan santri belajar malam
• Monitoring kegiatan santri kosakata pagi
• Monitoring kegiatan santri tadarus Al-Qur’an
• Monitoring kegiatan santri pramuka, ekstrakurikuler, dan PMR
• Monitoring kegiatan santri piket jaga
• Monitoring kegiatan santri piket kebersihan
• Monitoring kegiatan-kegiatan administrasi kegiatan oleh) santri
• Monitoring kegiatan terhadap perkembangan keterampilan hidup oleh santri melalui control dan pengawasan (data + absensi BLK)
• Monitoring kegiatan terhadap BP/BK (Bimbingan Penyuluhan, Bimbingan dan Konseling Karir) yang dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menyelaminya
• Sampel pelaksanaan konsekuensi pelanggaran
• Kuisioner perkembangan kepribadian santri setelah menjalankan kaidah kepondokan
• Kuisioner terhadap perilaku Kaidah Kepondokan terkait perkembangan kepribadian santri setelah menjalankan Kaidah Kepondokan
10 Penyusunan laporan penelitian
11 Revisi laporan penelitian
12 Finishing laporan penelitian
13 Pelaporan ke Dikti

RANCANGAN dan REALISASI BIAYA
No Alokasi Volume Harga Satuan (Rp) Jumlah Harga (Rp)
1 Anggaran Kegiatan Implementasi Sistem di Lokasi Penelitian
 Pembahasan, pengujian system dan Analisis Hasil Uji Implementasi


 Dokumentasi dan Penggandaan Hasil Implementasi Sistem


2x kunjungan ke SMA POMOSDA dan 2x pertemuan dengan team peneliti
Rangkap 3 (untuk Ketua Peneliti, Anggota dan Lokasi penelitian)


100.000




100.000


200.000




300.000
2 Anggaran Bahan Habis Pakai
 Kertas HVS (A4)
 Foto Copy
4
3600 lembar
32.000
125
128.000
450.000
3 Anggaran Bahan dan Peralatan Penelitian
 Print Epson Stylus C11
 Flashdisk 4Gb dan 2Gb

1 unit
1 buah

1.500.000
-

1.500.000
165.000
4 Anggaran Penyusunan Laporan Hasil Penelitian
 Penggandaan bahan presentasi dan survey
 Pembuatan dan penggandaan laporan hasil penelitian
 Pengiriman laporan penelitian
 Pengadaan konsumsi untuk presentasi hasil implementasi dan survey

3 eksemplar

3 eksemplar


1x

1x pertemuan

75.000

75.000


100.000

450.000

225.000

225.000


100.000

450.000
TOTAL BIAYA DIPERLUKAN 3.743.000

J. HASIL dan PEMBAHASAN
Masih Kosong gech_!!!

K. KESIMPULAN dan SARAN
Masih Kosong gech_!!!














Daftar Pustaka
Agustian, A.G. (2001). ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan. Jakarta: Arga.
Cipta.___(1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cetakan Ke-11.___ (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Profesional Berwawasan Masa Depan, Relevan dan Lebih Bermutu. Bandung:
Gatra Karya Prima.
Castetter, W.B. (1996). The Human Resource Function in Educational Administration
(Sixth Edition). New Jersey 07632: Prentice Hall, Inc Erglewood Cliffs.
Craig, R.L. (1987). Training and Development Handbook, A Guide To Human Resource Development. American Society for Training and Development (ASTD). McGraw-Hill Book Company.
Darma, A. (1998). Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali Press
Depdikbud. (1976), Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Pada Masyarakat. Jakarta:
Ditjen Dikti.__________(1982). Pedoman Pelaksanaan Pola Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti.
Engkoswara. (1987). Dasar-dasarAdministrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
Siagian. S.P. (1986) Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan. (Jakarta: Gunung Agung)
__________ (1995). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
__________(1997). Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: PT Gunung Agung
__________(2002). KiatMeningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Singarimbun. M. dan Effendi.(2003). Metode Penelitian Survai. (Jakarta: LP3ES).
Soetisna. O. (1977). Pengembangan Konsep Kompetensi Profesional dalam Administrasi Pendidikan. Bandung: Disertasi Tidak Diterbitkan.
Winardi. (2002). Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada







DAFTAR LAMPIRAN

1. Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana....................................
2. Catatan Kemajuan Kegiatan...........................................................................
3. Jadwal Kegiatan Santri dan angka point negatif per kegiatan........................
4. Identifikasi konsekuensi dengan angka point positif......................................
5. Diagram alir pelaksanaan APP-APN..............................................................
6. Kartu pelaksanaan konsekuensi APP-APN....................................................



























Lampiran 1
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENELITI UTAMA

Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
A. Ketua Pelaksana Program
Nama lengkap : DJANGGAN CAHYA BUANA
Tempat, Tanggal Lahir : Tulungagung, 21 Desember 1988
NIM : 5020702011
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Desa Sodo Rt 01 Rw 01 Kec. Pakel
Kab. Tulungagung
Jurusan / Fakultas : Teknik Industri / -
Riwayat Pendidikan :
a. SD Negeri 01 Sodo lulus tahun 1996
b. SLTP Negeri 01 Tulungagung lulus tahun 2003
c. SMU POMOSDA lulus tahun 2007
d. STT POMOSDA

Anggota Pelaksana Program
Anggota Pelaksana I
Nama lengkap : ANA WAHDANI
Tempat, Tanggal Lahir : Lampung, 20 April 1989
NIM : 5020801019
Jenis kelamin : Perempuan
Alamat : T. Ogan, Sumberjaya
Liwa – Lampung Barat
Jurusan / Fakultas : Teknik Industri / -
Riwayat Pendidikan :
e. SD BUDI LUHUR lulus tahun 1998
f. SMP AL-KAROMAH lulus tahun 2005
g. SMU POMOSDA lulus tahun 2008
h. STT POMOSDA

Anggota Pelaksana II
Nama lengkap : ASMAUL KHUSNA
Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 5 Juli 1990
NIM : 5020801010
Jenis kelamin : Perempuan
Alamat : Tanjunganom - Nganjuk
Jurusan / Fakultas : Teknik Industri / -
Riwayat Pendidikan :
MIN TANJUNGANOM lulus tahun 1998
MTS N TANJUNGANOM lulus tahun 2005
SMU POMOSDA lulus tahun 2008
STT POMOSDA

Anggota Pelaksana III
Nama lengkap : SUKAMIN
Tempat, Tanggal Lahir : Pekanbaru, 12 Desember 1990
NIM : 5020901001
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Desa Muarajaya Kec. Kepenuhan
Kab. Rokan Hulu – Pekanbaru Riau
Jurusan / Fakultas : Teknik Industri / -
Riwayat Pendidikan :
SD 020 MUARAJAYA lulus tahun 2003
MTS N 1 UJUNG BATU TANDUN lulus tahun 2006
SMU POMOSDA lulus tahun 2009
STT POMOSDA

Anggota Pelaksana IV
Nama lengkap : CANDRA SLAMET RIADI
Tempat, Tanggal Lahir : Cilegon, 8 Juni 1986
NIM : 5020501002
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Cilegon - Banten
Jurusan / Fakultas : Teknik Industri / -
Riwayat Pendidikan :
SDN SUMAMPIR
SMPN 6 CILEGON
SMU POMOSDA lulus tahun 2005
STT POMOSDA


Nama dan Biodata Dosen Pendamping
1. Nama Lengkap dan Gelar : Hendri Eko Ari Donan, ST
2. Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 20 April 1983
2. Golongan Pangkat dan NIP : -
4. Jenis Kelamin : Laki-laki
5. Alamat Rumah : RT 01 RW 06 Bendungan Kedungrejo
Tanjunganom - Nganjuk
6. Jabatan Fungsional : -
7. Jabatan Struktural : -
8. Fakultas/Program Studi : - / Teknik Industri
9. Perguruan Tinggi : STT POMOSDA
10. Bidang Keahlian : Teknik






Lampiran 2
No Tanggal/Bulan/
Tahun (dan jam) Kegiatan Catatan Kemajuan
(Berisi data yang diperoleh, keterangan data, sketsa, gambar, analisis singkat, dsb) Paraf
Pembimbing Penanggungjawab
1 31/01/10 Up Grading Team Pelaksana Teknis Tingkat pemahaman tean pelaksana teknis (angket) Djanggan Cahya
2 27/02/10 Form Kaidah Kepondokan Djanggan Cahya
3 Sosialisasi Kidah Kepondokan kepada pihak terkait (santri, Waka, Wali Kelas, Wali Kamar, BP/BK) Daftar hadir Team PKM
4 Pelaksanaan Implementasi
15/03/10 • Monitoring kegiatan santri KBM di kelas Rekapitulasi Candra Slamet
18/03/10 • Monitoring kegiatan santri berjamaah Rekapitulasi Sukami (Pa),
Ana Wahdani (Pi)
18/03/10 • Monitoring kegiatan santri belajar malam Rekapitulasi Sukamin
19/03/10 • Monitoring kegiatan santri kosakata pagi Rekapitulasi Ana Wahdani
19/03/10 • Monitoring kegiatan santri tadarus Al-Qur’an Rekapitulasi Sukami (Pa),
Ana Wahdani (Pi)
15/03/10 • Monitoring kegiatan santri pramuka, ekstrakurikuler, dan PMR Rekapitulasi Asmaul Khusna
16/03/10 • Monitoring kegiatan santri piket jaga Rekapitulasi Djanggan Cahya
02/03/10 • Monitoring kegiatan santri piket kebersihan Rekapitulasi Ana Wahdhani
09/04/10 • Monitoring kegiatan-kegiatan administrasi kegiatan oleh) santri Rekapitulasi Candra Slamet
06/04/10 • Monitoring kegiatan terhadap perkembangan keterampilan hidup oleh santri melalui control dan pengawasan (data + absensi BLK) Rekapitulasi Asmaul Khusna
10/04/10 • Monitoring kegiatan terhadap BP/BK (Bimbingan Penyuluhan, Bimbingan dan Konseling Karir) yang dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menyelaminya Rekapitulasi Sukamin
15/03/10 • Sampel pelaksanaan konsekuensi pelanggaran Lembar kerja santri, rekapitulasi Candra Slamet
15/03/10 • Kuisioner perkembangan kepribadian santri setelah menjalankan kaidah kepondokan Daftar pertanyaan santri Asmaul Khusna
12/04/10 • Kuisioner terhadap perilaku Kaidah Kepondokan terkait perkembangan kepribadian santri setelah menjalankan Kaidah Kepondokan Daftar pertanyaan ke Wali Kelas, BP/BK dan Wali Kamar Asmaul Khusna
5 Penyusunan laporan penelitian Merujuk pada format laporan Team
6 Revisi laporan penelitian Pertimbangan berbagai pihak Team
7 Finishing laporan penelitian Penyempurnaan laporan Team
8 Pelaporan ke Dikti Penjilidan dan pelaporan Team

JADWAL KEGIATAN SANTRI
SEKOLAH MENENGAH ATAS
PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA

NO JAM KEGIATAN NILAI APN KET
Alpa Izin Sakit
04.15 – 04.30 Bangun Pagi - - -
04.30 – 05.00 Jama’ah Sholat Subuh 3 2 1
05.00 – 05.30 Mufrodat 2 1 0
05.30 – 06.30 Kebersihan / Kegiatan Pribadi 3 2 1
06.30 – 06.50 Makan Pagi 2 1 0
07.00 – 12.00 KBM Kelas 4 3 2 Per Jam
12.00 – 13.00 Makan Siang 2 1 0
13.00 – 13.30 Jama’ah Sholat Dhuhur 3 2 1
14.00 – 15.20 KBM Kelas 4 3 2 Per Jam
15.20 – 16.30 Jama’ah Sholat Ashar 3 2 1
16.30 – 17.00 Kebersihan / Kegiatan Pribadi 3 2 1
17.00 – 17.20 Makan Sore 2 1 0
17.30 – 18.30 Jama’ah Sholat Maghrib 3 2 1
18.30 – 19.15 Kegiatan Ba’da Maghrib 2 1 0
19.30 – 20.15 Jama’ah Sholat Isya’ 3 2 1
20.30 – 22.00 Belajar Malam 3 2 1
22.00 – 04.00 Istirahat Malam - - -
Akumulasi Per hari 60 40 20

NB :
Untuk Izin Kerabat Meninggal diperlakukan seperti halnya sakit.
Untuk sakit surat keterangan akan menentukan dalam memberi besarnya APP.
Untuk pelanggaran penyimpangan lain selain tersebut diatas APN ditentukan oleh ketua Asrama dan BP/BK.
Ketentuan APN diatas bisa berubah sesuai kesepakatan tim KAMTIB.

Lampiran 3 :
Identifikasi konsekuensi dengan Angka Poin Positif.

No Uraian tugas konsekuensi Nilai APP
Keterangan
1 2 3 4 5 6 7 8
1 Mengarang bahasa indonesia minimal 150 kata. √ √ √ Tema ditentukan
2 Mengarang bahasa inggris/arab minimal 150 kata. √ √ √ √ √
3 Menghafal surat-surat pendek √ √ √
4 Mencari dan menghafal kosakata baru √ √ √ √
5 Mengerjakan tugas dari ustad/ustadzah √ √ √
6 Mengerjakan soal, merangkum √ √ √
7 Hukuman fisik √ √ √
8 Menulis surat yg dibaca imam √ √ √
9 Menulis, Menghafal Ubudiyah √ √ √
10 Kebersihan lain diluar piket. √ √ √
11 Tugas-tugas Lain √ √ √ √ √ √ √ √ Sesuai bobot Tugas


Lampiran 4

Lampiran 5
KARTU PELAKSANAAN KONSEKUENSI (APN - APP)
SMA POMOSDA TANJUNGANOM – NGANJUK

NAMA : ___________________________ NO ID : _______
KELAS : _______________

TGL
PELAKSA URAIAN JUML NILAI SISA PEMBIMBING TTD
PELANGGARAN KONSEKUENSI APN APP

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto Saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.

Share It