Pages

Jumat, 30 April 2010

MAKALAH TENTANG OPERATING SISTEM LINUX DAN WINDOWS

Praktek komputer

Disusun oleh :

JANGGAN CAHYA BUANA


SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI
PONDOK MODERN SUMBER DAYA AT-TAQWA
(STT POMOSDA – NGANJUK)
2007-2008




KATA PENGANTAR

Dengan menghaturkan puji syukur alhamdulillah Robbil ‘alarnin kepada Dzat Wajibul Wujud yang Allah Asmanya, dengan seluruh limpahan Rahma dan hidayah-Nya, Rohman dan Rohim-Nya sehingga penulis dimaukan dan diberi kekuatan untuk menyelesaikan makalah tentang “Sistem Operating Linux dan Windows”.
Shalawat serta salam selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga sahabat-sahabat yang Ahlul Qurub dan para Penerus Utusan-Nya yang penulis yakini dan percaya keberadannya sampai akhir zaman nanti yang mana berkah, syafaat serta tuntunan Beliaulah yang selalu penulis harapkan khususnya dan kita semua.
Tidak lupa penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempuma, maka dari itu besar harapan penulis akan saran dan kritik yang membangun. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan kita semua pada umumnya.
Akhirnya ucap syukur Alhamdulillahi Robbil ‘alamin kepada Allah SWT dengan segala Ridlo dan Maghfirohnya. Amin...


Nganjuk, November 2007


Penulis













DAFTAR ISI
MAKALAH TENTANG OPERATING SISTEM i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I 1
PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan dan Manfaat 1
C. Rumusan dan Batasan Masalah 1
D. Metodologi 2
E. LANDASAN TEORI 2
BAB II 4
MATERI 4
BAB III 9
PENUTUP 9


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Apabila ingin mengopersikan program–program komputer maka dibutuhkan seperangkat sistem operasi komputer.Operating sistem adalah suatu program yang bertindak sebagai jembatan kerja antar hardware dengan software. Kumpulan program–program instruksi operating sistem ini, diletakkan di dalam boot RAM komputer (internal) dan dalam penyimpanan hardisk, disket (eksternal).
Kita dapat mengenal beberapa operating sistem, dimana operating – operating tersebut banyak beredar di pasaran. Seperti Linux, Apple,dll. Kita tentunya mengenal Linux, suatu Operasi System yang sekarang sudah menjadi alternatif bagi user karena bersifat open source dan kita dapat dimodifikasi sesuka kita. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux menjadi produk perangkat lunak yang handal. Berbeda dengan windows yang “hanya” dikembangkan oleh Microsoft saja.
B. Tujuan dan Manfaat
Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan Operating System yaitu Linux dan Windows.
Manfaat
Manfaat dari pembuatan makalah ini untuk dapat memahami dan menerapkan operating system mana yang tepat dan cocok bagi kita.

C. Rumusan dan Batasan Masalah
Rumusan masalah
Makalah ini mengacu pada kelebihan dan kekurangan OS linux dan OS windows.
Batasan Masalah
Batasan makalah ini hanya sebatas mengetahui OS linux dan OS windows serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya s

D. Metodologi
Langkah – langkah penyusunan makalah ini dengan metode sebagai berikut
1. Mengumpulkan data tentang operating system linux dan windows dari berbagai buku dan referensi lain serta menggabungkanya menjadi satu.
2. Mempelajari data tentang operating system linux dan windows beserta prinsipnya.
3. Menganalisa data yang sudah ada dipelajari mengenai operating system linux dan windows.

E. LANDASAN TEORI
Pada prinsipnya sistem operasi adalah suatu program yang mengontrol eksekusi program-program aplikasi dan berfungsi sebagai interface antara hardware dan user. Hardware dan software yang digunakan untuk menyediakan aplikasi bagi user dapat dipandang sebagai sesuatu yang berlapis atau berherarki seperti yang terlihat pada gambar 2.1














Secara lebih rinci, sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang berperan sebagai manajer perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan pengendalian aplikasi yang berada di atasnya. Sistem operasi juga mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai aplikasi dari bermacam-macam pengguna. Pengertian dari sistem operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang pengguna, sistem operasi merupakan media untuk berinteraksi dengan sumber daya komputer. Dalam lingkungan multi-user, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk mengoptimalkan penggunaan bersama sumber daya komputer. Pengguna tidak harus selalu terlibat dalam sebuah mesin otomatik, misalnya embedded computer pada peralatan elektronika rumah tangga yang memiliki lampu indikator untuk menunjukkan kondisi tertentu, tetapi sistem operasi demikian memang dirancang untuk bekerja tanpa campur tangan pengguna. Dari sudut pandang sistem, sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien (Resource Allocator). Lebih jauh, sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah kernel.
Tujuan disain sistem operasi untuk menjadikan komputer yang lebih nyaman (convenient) dan mudah digunakan untuk aplikasi bagi pengguna. Konsep disain sistem operasi merupakan fungsi arsitektur perangkat keras yang digunakan. Demikian pula sebaliknya.
Pada kenyataannya semua sistem operasi mempunyai struktur yang sama Namun menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut
 Managemen Proses.
 Managemen Memori Utama.
 Managemen Secondary- Storage.
 Managemen Sistem I/O.
 Managemen Berkas.  Sistem Proteksi.
 Jaringan.
 Command-Interpreter
system.
 Accounting

BAB II
MATERI
A. Pengumpulan dan Analisa
Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 maupun yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, yang sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.
Lingkungan sistem operasi ini mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas. Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang handal (reliable), termasuk versi pengembangan terakhir. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portabel ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang memiliki beragam kebutuhan dan juga pengguna dapat turut serta bertindak sebagai tim pengembang sendiri.

Perbedaan mendasar Linux dengan Windows
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga. Linux ini lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi ada hal lain yang lebih utama selain pertimbangan harga yaitu mengenai source code. Source code Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya.
Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA). Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi setiap orang untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux itu tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distrbusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, penagkat lunak untuk instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus dan dukungan khusus.

B. Pembahasan
Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding UNIX lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free.
MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86 dan tidak mendukung multi user dan multi tasking, serta tidak bersifat free. Juga MS - DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang dan program utilitas yang ada dalam Linux.
MS Windows menawarkan kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking tetapi tetap memiliki kekurangan yang ada pada MS-DOS.
Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha selain prosesor x86. Namun Windows NT ini masih juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar.





Keuntungan Linux dibanding Windows
Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.
Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun.
Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab.
Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro Linux, diantaranya :
 RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

 Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.

 Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan sampai Slackware 4.0, ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.

 SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.

 Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium. Kalau komputer kita menggunakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake.

 WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows.

Kelebihan Linux
Di sini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIX dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan program dan file-file Linux/UNIX :
 Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
 Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
 Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.
 Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
 Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.
 _ Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sistem Operasi Linux yang kian berkembang dan memasyarakat telah terbukti memberikan solusi alternatif yang mendorong efisiensi, penghematan biaya dan kemudahan kerja. Karena Linux yang bersifat open source dapat digunakan siapa saja yang akan menggunakannya untuk berbagai keperluan.
Selain itu, dalam Linux, program pendukung seperti Word Processor (Pengolah Kata), Spreadsheet (Pengolah Angka), Internet dan lain – lain menyatu dengan sistem. Jadi dengan meng-install sistem operasi Linux, kita akan mendapatkan perangkat lunak Word Processor, Spreadsheet, Database, Presentasi, Penanganan Gambar, Internet dan lain – lain. Sedangkan di dalam Windows, perangkat lunak / software tersebut saat instalasi Windows Xp ataupun Windows vista tidak menyatu dengan sistem operasi melainkan dengan instalasi sendiri atau dengan kata lain Office, Adobe, dan lain – lain.

B. Saran
Pada dasarnya penulisan makalah ini jauh dari sempurna, banyak kekurangan baik yang disengaja ataupun tidak. Maka dibutuhkan saran untuk meminimize kesalahan tentunya bagi pemulis.
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat mengharuskan kita memilih Sistem Operasi yang tepat guna menunjang fleksibilas kita dalam menyikapi perkembangan ini. Sistem operasi Linux yang bersifat open source dapat digunakan siapa saja dan dapat dikembangkan seperti keinginan kita sendiri tanpa harus ada tekanan legalitas ataupun lisensi dari perusahaan pemegang lisensi tersebut. Kebanyakan perusahaan besar menggunakan Linux sebagai operating system ataupun sebagai servernya.
Semua ini kembali kepada diri kita sendiri, operating system mana yang seharusnya kita pakai menyangkut akan kebutuhan yang kita miliki.

| Free Bussines? |

1 komentar:

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini