Pages

Jumat, 11 Juni 2010

1. Gammu
Gammu adalah suatu software yang digunakan untuk membuat SMS Gateway yang tidak berbayar alias gratis. Gammu bukanlah Aplikasi jadi, tapi dia merupakan sebuah modul yang bisa digabungkan dengan Bahasa pemrograman
apa saja. Seperti web based, bisa dengan PHP atau ASP, Delphi atau Visual Basic. Bahkan tanpa pemrogramanpun, bisa mengirim dan menerima SMS lewat computer , hanya saja tidak ada interfacenya, Tetapi hanya bisa
mengaksesnya lewat database administration .


2. Cara Menyetting Gammu
Setting gammu versi 10 dengan handphone sony ericsson w200i
• Langkah pertama Download gammu versi 10 berikut ini
http://www.4shared.com/file/248965295/700b07f9/gammu-install.html
• Langkah Kedua (Ekstrak File)
ekstrak file yang telah didownload di komputer. Kemudian File hasil ekstrak kita letakkan di C:\ sehingga akan didapatkan folder Gammu nya di C:\gammu

• Langkah Ketiga (Setting Konfigurasi Gammu)
Setelah file Gammu diekstrak, langkah berikutnya adalah setting konfigurasi. Setting ini diperlukan guna keperluan penyesuaian jenis HP dan nomor port yang akan digunakan. Caranya adalah edit file ‘GAMMURC‘ yang ada di dalam direktori ‘C:\gammu‘.
parameter port itu diisi dengan nomor port sesuai lokasi colokan HP. Untuk mengetahui nomor port caranya masuk ke Control Panel – Phone and Modem Options – Modem. bila HP sudah tercolok di PC dan drivernya sudah terinstal dengan baik maka pastinya pada bagian tersebut akan muncul nomor portnya. Ubahan GAMMURC adalah
port =com4:
model=w200i
connection =at112500


• Langkah Keempat (Uji Koneksi)
Langkah terakhir untuk proses setting GAMMU ini adalah melakukan uji koneksi antara Gammu dengan HP/modem. Langkah ini dilakukan setelah proses setting konfigurasi dilakukan.
Caranya adalah dengan masuk folder ‘C:\gammu‘ pada direktori Gammu via DOS PROMPT. Lalu ketikkan perintah ini pada command promptnya. Ketik
cd C:\ enter
C:\ cd gammu\ enter
C:\gammu gammu identify enter
setelah mengetik perintah tersebut dienter lalu muncul informasi mengenai HP, dan koneksi antara Gammu dengan HP telah sukses.
• Langkah Kelima (Membuat Database MySQL untuk Gammu)
Langkah ini bertujuan untuk menyiapkan database MySQL untuk menampung data-data SMS yang diperlukan Gammu untuk SMS Gateway. Caranya adalah kita buat database dengan nama ‘sms‘ menggunakan phpMyAdmin. Lalu buat tabel-tabel yang diperlukan oleh Gammu.
• Langkah Keenam (Setting Konfigurasi Untuk SMS Daemon)
Langkah ini dilakukan setelah setting database untuk Gammu. SMS daemon pada Gammu digunakan untuk proses pembacaan otomatis SMS yang diterima lalu disimpan ke database. SMS daemon juga diperlukan untuk keperluan pengiriman SMS.
Untuk melakukan setting SMS daemon, kita buka file ‘SMSDRC‘ yang terletak di direktori ‘C:\gammu‘. Bagian yang diubah adalah
Port=com4: sesuai yang ada di file GAMMURC
connection =at115200 sesuai yang ada di GAMMURC
service = mysql diisi dengan ‘mysql’ karena kita akan menggunakan mysql sebagai storage data SMS
user = root diisi user database koneksi ke mysql
password = root diisi password koneksi ke mysql
pc = localhost diisi nama host mysql
database = sms
Catatan: hilangkan tanda # di depan parameter-parameter di atas bila ada.

• Langkah Ketujuh (Membuat Gammu Service)
Langkah ini bertujuan untuk membuat service Gammu di Windows. Dengan dibuatnya service di Windows ini kita bisa lebih mudah menjalankannya tanpa menggunakan perintah tertentu di command prompt, Untuk membuat Gammu service di Windows, ketikkan perintah ini di DOS PROMPT setelah masuk ke folder ‘C:\gammu‘. gammu-smsd -c smsdrc –i. bila ada konfirmasi bahwa proses pembuatan service sukses, maka Anda akan melihat service Gammu muncul pada daftar service yang berjalan di Windows.
Service ini bisa dilihat melalui ‘CONTROL PANEL > Administrative Tools > Services’. Nah.. untuk menjalankan service Gammu ini tinggal klik START pada service Gammu tersebut.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini