Pages

Rabu, 18 Januari 2012

AGAMA DAN BUDAYA

Mungkinkah agama dan budaya disatukan dalam pemahaman dan pelaksanaan?.
Makna budaya = pikiran: akal budi, adat istiadat, kebiasaan yang sulit diubah
Budaya mumpung = sikap yang mengedepankan kebiasaan tidak menggunakan barang atau fasilitas tidak sesuai dengan maksud dan tujuannya dengan cara-cara yang menyimpang. Penggunaan jabatan yang tidak dilaksanakan sesuai dengan peran dan fungsinya, hanya untuk kepentingan pribadi, mumpung belum pensiun, mumpung masih menjabat.
Budaya malu = sikap malu jika melakukan hal yang tidak senonoh dan tidak sesuai dengan tata norma di masyarakat  yang tidak akan diterma di tengah-tengah masyarakat.
Berbudaya = mempunyai budaya; mempunyai pikiran yang sudah maju
Membudaya = menjadi kebudayaan atau menjadi yang dianggap wajar ; mendarah daging; hal seperti ini sudah membudaya kok di tasma.
Membudayakan = mengejar supaya mempunyai budaya;mendidik supaya beradap; sejarah adalah pelajaran yang dapat membudayakan menusia; para pemimpin hendaklah memberikan contoh dalam membudayakan pola hidup yang agamis, terbuka, egaliter atau kesetaraan sehingga akan bersifat fear.
Kebudayaan = hasil kegiatan dan penciptaan akal budi manusia seperti wayang, kesenian dan adat istiadat; keseluruhan pengetahuan manusia sebagi makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.
Budayawan = orang yang berkecimpung dalam kebudayaan.
Budi = sifat batin seseorang yang mampu menimbang baik-buruk atau benar tidaknya. Tabiat seseorang yang baik.
DAYA = Kesanggupan jasmani maupun rohani untuk melaksanakan sesuatu aktivitas.; tenaga.
Jadi kalau TASMA ini dapat menggerakkan sesuatu yang dapt bernilai budi dalam aktifitas, punya kesanggupan untuk membawa kepada masyarakat untuk lebih berbudi dalam menggerakan kreatifitas, akhlak maka dikatan budaya TASMA.
Daya antisipasi;    Daya dukung;   Daya batin
Daya hidup = kemempuan untuk bertahan hidup atas pengaruh lingkungan yang menentang dan lain sebagainya.
Bude;    Budak.
Islam rakyat dan islam skriptural (Islam menurut teks al-qur’an dan al-hadist)

Berlaku adil dekat dengan taqwa

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini