Pages

Rabu, 11 Mei 2011

Makhluk Ini Tidak Tumbuh Seumur Hidup


Ilmuwan menemukan makhluk yang sepanjang hidupnya tak pernah tumbuh. Makhluk yang tergolong jenis bintang laut itu ditemukan di area dalam Samudera Pasifik. Diameter dewasanya hanya beberapa milimeter saja serta tak memiliki lengan panjang seperti bintang laut umumnya.

Bintang laut tersebut masuk dalam genus Xylopax. Pada awalnya, ilmuwan bingung untuk menempatkan makhluk ini dalam pohon taksonomi. Tapi, setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa makhluk ini memiliki kekerabatan dekat dengan famili bintang laut disebut Pterasteridae.

Daniel Janies, peneliti biologi komputasional Ohio State University mengatakan, makhluk ini memiliki ukuran kecil memungkinkan untuk masuk ke sudut dan celah kayu di mana banyak terdapat hasil uraian mikroba. Mereka bisa hidup seperti kutu busuk, mengambil semua nutrisi yang ada.

Menurut tim peneliti yang diketuai Janies, tubuh kecil bintang laut itu diperoleh lewat proses yang disebut progenesis. Siklus hidup bintang laut itu seperti terpotong sehingga karakteristik dewasa sama dengan karakteristik juvenile.

Hal paling mencolok yang bisa diamati adalah lengannya. Umumnya, bintang laut memiliki lengan aksial serupa jeruji roda. Tapi, Xylopax hanya memiliki lengan pendek yang tumbuh di seleliling, jadi seperti bagian inti roda yang tak punya jeruji.

"Xylopax hanyalah bintang laut kecil yang memiliki tubuh dan habitat yang aneh. Begitu anehnya sehingga banyak yang tak menduga bahwa makhluk ini masuk dalam jenis bintang laut sebelum kami menguraikan gen dan pertumbuhannya," kata Janie.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Systematic Biology yang terbit 27 April 2011 lalu. Penelitian ini adalah bagian dari proyek Tree of Life, sebuah proyek yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kekerabatan antar semua makhluk hidup.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini