Pages

Rabu, 25 Mei 2011

Karakter Lemah, Bangsa Pun Lemah...


Mantan Menteri Pendidikan Nasional Malik Fadjar mengatakan, pendidikan karakter sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Kuatnya karakter suatu bangsa mampu mewujudkan kemajuan bangsa tersebut. Mengutip mantan Mendiknas sebelum dirinya, S Mangonkarsono, Ketua PP Muhammadiyah ini menyatakan, lemahnya karakter bangsa berarti lemahnya bangsa sebagai bangsa.

"Lemahnya karakter seseorang menandakan tidak kokohnya suatu bangsa," ujarnya dalam workshop "Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah", Rabu (25/5/2011) di Kampus Universitas Muhammadiyah Prof dr Hamka (Uhamka), Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, karakter memiliki nilai psikologis yang bisa dikatakan sebagai watak atau budi pekerti. Pendidikan karakter sendiri telah dibangun oleh para pendiri bangsa jauh sebelum Indonesia merdeka.

"Jauh sebelum Indonesia merdeka, pendidikan karakter sudah dibangun, yang nantinya menyatukan dan membentuk suatu peradaban bangsa," ujar Malik.

Ia mencontohkan, pendidikan karakter mampu membawa kemajuan sebuah bangsa seperti yang terjadi di Jepang pada 1945. Saat itu, negara Jepang hancur lebur dibombardir oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Namun, karena mempunyai karakter yang kuat, akhirnya Jepang mampu bangkit kembali dari keterpurukan.

"Pendidikan karakter sangatlah penting bagi suatu bangsa. Buktinya, Jepang bisa bangkit kembali," kata Malik.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.
Ada kesalahan di dalam gadget ini