Pages

Rabu, 23 Juni 2010

Bayang Semu

Kumasuki bayangmu dalam dimensiku

Ku dekap dirimu

Terbuai ku terbuai dalam maya cinta

Yang kudamba slalu

Kumelayang bagaikan terbang ke awan

Ku terawang dalam ruang bayang - bayang kelam


Kusemakin terbawa dalam bayang semu

Bila ku ingin dirimu

Terjerat ku terjerat dalam maya cinta

Ku miliki slalu
Read More..

Minggu, 20 Juni 2010

Kasih Tak Sampai

Indah..
Terasa indah..
Bila kita terbuai dalam alunan cinta..
Sedapat mungkin terciptakan rasa..
Keinginan saling memiliki

Namun bila,
Itu semua dapat terwujud
Dalam satu ikatan cinta
Tak semudah seperti yang pernah terbayang..
Menyatukan perasaan....

Chorus:
Tetaplah menjadi bintang dilangit
Agar cinta kita akan abadi
Biarlah sinarmu tetap menyinari alam ini,
Agar menjadi saksi cinta kita
Berdua...
Berdua..

Sudah..
Lambat sudah...
Kini semua harus berakhir
Mungkin inilah jalan yang terbaik
Dan kita mesti relakan kenyataan ini

Chorus


Menjadi saksi kita berdua....
Read More..

Jumat, 18 Juni 2010

The Real Of Education

Ketika berusaha memahami persoalan bangsa dan negara ini ternyata sumber daya manusia menjadi faktor strategis penentu keberhasilan pembangunan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Pengembangan dan kemapanan sumber daya manusia sangat tergantung kepada sistem pendidikan dan kemampuan pengenalan diri pribadinya.

Seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa, yang merupakan salah satu tujuan negara Indonesia. Bangsa Indonesia perlu mewujudkan visi pendidikan nasional sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu menjawab tuntutan zaman.

Perlu dipertegas bahwa selain sistim pendidikan, yang akan mampu mengembangkan dan memapankan sumber daya manusia adalah kemampuan mengenal jati dirinya. Pengenalan jati diri sebagai komponen bangsa telah termaktub dalam Pancasila dan UUD 1945. Pengenalan jati diri sebagai hamba Tuhan memerlukan sistematika dan disiplin keilmuan tersendiri, sehingga memerlukan sebuah metode dan dengan pendekatan yang khusus.

Paradigma pendidikan yang berorientasi pada kemapanan moral dan mental dengan berbasis ketauhidan merupakan esensi pengembangan sumber daya manusia. Sehingga wawasan, ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan dan bahkan kecerdasan yang dimiliki berlandaskan dan berorientasi ke-ilahi-an.

Oleh karenanya institusi POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) dalam penyelenggaraan pendidikannya menggabungkan sistim pendidikan secara umum (menurut UU No 20 SISDIKNAS) dengan sistem Kepondokan yang sudah membudaya di Indonesia ini, khususnya Jawa.

Institusi POMOSDA didirikan oleh Bapak K.H. Mohammad Munawwar Afandi, yang berada dalam badan hukum Yayasan Lil Muqorrobien dengan akte notaris nomor : 05 Tanggal 22 Oktober 1995. Dan dalam yayasan ini bernaung pula PONDOK SUFI dan GERAKAN JAMAAH LIL-MUQORROBIN yang Cabang dan Rantingnya hampir merata ke seluruh tanah air.

Latar belakang pendirian

Secara ringkas berdirinya POMOSDA dilatar belakangi oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Kualitas SDM sangat mempengarui kemajuan bangsa. Kualitas ini meliputi kualitas pribadi dalam keimanan dan ketaqwaan dalam pengertian yang sebenarnya dan kualitas penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sebagai sebuah upaya ikut memecahkan masalah yang dihadapi bangsa saat ini yaitu moralitas (dekadensi moral) yang cukup memprihatinkan.
2. Paradigma pendidikan yang menyekat Ilmu yang berbasis pengetahuan dan teknologi sebagai ilmu dunia dengan ilmu–ilmu yang berbasis agama diperlakukan sebagai ilmu akherat. Sedang sebenarnya sesuatu akan disebut sebagai ilmu akherat atau ilmu dunia adalah tergantung dari orientasi niat, tujuan dan peruntukkannya.
3. Ketertinggalan umat Islam pada umumnya dan pondok (pesantren) pada khususnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Eksplorasi dan Eksploitasi kekayaan alam bangsa Indonesia, yang tersedot keluar akibat tertinggalnya (terkalahkan) dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Program pendidikan yang memiliki sasaran capaian jiwa kemandirian. Dikarenakan tidak semua lulusan “berkesempatan” untuk ke jenjang yang lebih tinggi.
6. POMOSDA melalui program terpadu dalam “kesatuan sistem pondok dan sistem madrasah dengan dasar ke-ilahi-an dipandang sebagai referensi yang sifatnya Mutlak” turut berpartisipasi dalam program pendidikan nasional untuk meningkatkan mutu/kualitas sumber daya manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa dengan berkemampuan dalam Iilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki vokasional skill (ketrampilan/kecakapan hidup).

Tujuan Pendirian

1. Mewujudkan sumber pendidikan, penyiaran dan pengajaran Islam yang seluas-luasnya demi li I’ilaai Kalimatillah.
2. Menyiapkan generasi yang al-arif billah, generasi yang cakap dan luas serta tinggi kepahamannya tentang Islam, rajin beramal dan berbakti kepada masyarakat berdasarkan taqwa, untuk menjadi anggota masyarakat yang berilmu, beramal dan bertaqwa sebagai sumber daya baldatun toyyibatun wa Robbun ghaffur.
3. Mengoptimalkan potensi pikir dengan meningkatkan pengetahuan peserta didik agar dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian; serta meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya.
4. Membekali kecakapan hidup. Mengembangkan pembelajaran yang fleksibel sesuai dengan prinsip pendidikan berbasis luas dan berkompetensi, dengan mengoptimalkan pemanfaatan, sumber daya alam dan lingkungan.
5. Persiapan genersi mandiri, pencipta lapangan kerja dengan bekal ketrampilan, skill dan keahlian sesuai dengan bidangnya serta mengembangkan sikap profesional.
6. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan / atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernafaskan Islam.

Visi

Mewujudkan kesadaran Ilaahi pada diri siswa (peserta didik) sehingga berilmu, beramal dan bertaqwa, terdidik dan berbudaya dengan makna dan nilai yang terwujud dalam aksi nyata, sehingga menjadi siswa yang memiliki keindahan moral, berakhlak mulia dan memiliki kompetensi sesuai dengan minat bakatnya.
Misi

1. Menumbuh kembangkan Ketaqwaan kepada Dzat Yang allah Asmanya.
2. Menumbuh kembangkan Kekuatan analysys Peserta Didik.
3. Menumbuh kembangkan kekuatan komunikasi dalam berhubungan dengan sesama.
4. Menumbuh kembangkan jiwa kemandirian yang bertanggung jawab.

Prinsip Arahan (Guidance Principal) Kurikulum

* Belajar sepanjang hayat. sebagai hamba yang al-faqir (=hamba yang selalu merasa tidak bisa apa-apa dan tidak ada apanya), sebagai kebutuhan live skill untuk berkompetensi yaitu berpengetahuan, memiliki ketrampilan, dan nilai-nilai dasar untuk dapatnya melakukan sesuatu, dengan berilmu, beramal dan bertaqwa.
* Terbentuknya moral dan mental yang Ilahiyah. Bermoral, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, sopan dan santun, disiplin “siapa yang mengetahui akan jati diri (manusia)nya maka akan mengetahui tuhannya”, dimana segala aktifitasnya dapat meraih nilai atau makna yang sesungguhnya sebagai hamba Ulul Albab. Yaitu hamba yang disemua aktifitas hidupnya, usaha dan ikhtiyarnya, kerja kerasnya selalu menjaga batin (hati) untuk tidak mudah melupai “Keberadaan Tuhan” dengan “ilmu” Dzikir (Ingatnya hati kepada Diri Zat Al-Ghaib, Yang Allah NamaNya).
* Terwujudnya masyarakat/umat yang adil dan pilihan yaitu hamba yang menempatkan diri dengan keyakinan –butiran iman- yang akan menumbuhkan kesadaran bahwa yang dipilih menjadi hamba Tuhan adalah hamba yang pandai mengadili diri sendiri. “ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang menjadikan seseorang mengetahui akan aib mencintai (jw. Kumantil) dunia dan hal ikhwalnya serta mengetahui bencananya amal”

Landasan Operasional

Landasan Oprasional POMOSDA adalah Risalah Qoidah sebagai pedoman baku, untuk difahami dihayati dan diamalkan yaitu:

* Qaidah 1

“Sokongan dan bantuan dari lain orang, baru diterima jika tidak mengikat lahir ataupun batin dan capailah rasa jiwa “hurriyah tammah” (=jiwa yang merdeka sejati). Menggantungkan diri kepada lain orang dijauhi benar-benar, ingatlah Yadul ulya aula min yadissufla artinya: “Tangan yang diatas itu lebih mulya dari tangan yang dibawah”. Tegasnya memberi itu lebih mulya dari pada meminta.

* Qaidah 2

Pimpinan pendidikan yang ditakuti harus dijauhi, yakni sedapat mungkin jangan dijalankan, sedang pimpinan yang dicintai dibiasakan. Ingatlah: pengaruh pendidikan berdasarkan mahabbah (= kecintaan) itu lebih besar dan lebih mendalam dari pada pengaruh pendidikan yang pimpinannya ditakuti. Oleh karenanya maka: “Rasa kekeluargaan diperkokoh dan dipererat”.

* Qaidah 3

Guna memperdalamkan bekas dan pengaruh tarbiyah (= pendidikan) serta mempererat rasa dan tali kekeluargaan (disamping mengadakan penyiaran Islam dengan bermacam-macam cara umpamanya mengadakan madrasah-madrasah dan sebagainya dimana pendidik dan pihak yang dididik atau guru dengan murid, hanya mempunyai kesempatan bergaul di kelas saja), harus dipentingkan dan diutamakan juga adanya tarbiyah cara pondok, dimana Kyai dengan santrinya atau guru dengan muridnya, siang dan malam dapat bergaul dengan rapatnya”.

* Qaidah 4

Kita harus berusaha sekuat-kuatnya dapat menjalankan amal atas niatan “Lii’lai kalimatillah” artinya menegakkan kalimat Allah semata-mata, berdasar Lillah artinya : karena Allah, dengan tak usah dan tak perlu kita melupakan soal keduniawian kita, karena pekerjaan yang didasarkan atas niatan yang luhur dan suci, berarti juga kemakmuran soal keduniawian, dan pada hakekatnya pekerjaan yang berdasarkan niatan yang demikian itu tentu menjamin kebahagiaan dunia akherat.

Maka dari itu:

“Pendidikan yang kita adakan, kita jalankan untuk Allah, menurut Allah, dijalan Allah, dan karena Allah. Setiap Ro’ (pendidik) mesti merasa kita bertanggung jawab terhadap diri pribadi, masyarakat dan yang terpenting terhadap Tuhan.

* Qaidah 5

Cara berbelanja sendiri zelfbedruipings system sedapat mungkin harus diadakan, agar dapat terlepas dari rasa menggantungkan diri kepada pertolongan lain orang. Tetapi bekerja dalam lapangan pendidikan yang suci (agama) dengan “faham buruh” harus dilemparkan jauh-jauh, agar karunia Allah terlimpah sebanyak-banyaknya, dan agar diri kita lambat laun dapat mencapai pengabdian yang sempurna. Menjadi :

Adakanlah cara berbelanja sendiri tetapi jagalah juga, jangan sampai cara itu dapat menyebabkan jauhnya apa yang kita kejar yaitu: mengabdi kepada Allah dengan pengabdian yang sejati murni.

Kerjakanlah hal itu, kebahagiaan dunia dan akherat terjamin sepenuhnya.

* Qaidah 6 (Qaiah Perjanjian)

Barang-barang yang diserahkan oleh almarhum Kyai Hasan ‘Ulama dan para ahli warisnya kepada Pesantren Takeran yang mulai tahun 1362 H untuk dipergunakan sesuai dengan maksud penyerahan barang tersebut, dan kembali menjadi hak milik ahli waris almarhum itu, bilamana :

*
o a. Pesantren bubar.
b. Barang-barang itu tidak dipergunakan lagi oleh Pesantren.

Barang-barang tersebut diterangkan satu persatu didalam daftar inventaris yang dipegang oleh yang mempunyai hak milik barang-barang itu dan dipegang oleh Pesantren.

Selain dari pada itu, ketentuan milik Pesantren sendiri diatur sebaik-baiknya agar dapat terpelindungi dengan secukupnya.

Aturlah ketentuan barang-barang hak milik Pesantren sendiri dan orang-orang yang mendermakan barang-barangnya kepada Pesantren, agar kehalalan milik dalam Pesantren terpelihara secukupnya.

* Qaidah 7 (Qaidah perjanjian).

Perjanjian-perjanjian tersebut dalam Qaidah 6 itu berlaku juga buat lain-lain orang yang menyerahkan barang-barangnya kepada dan untuk Pesantren.

Tuntutlah (carilah) keridhaan lain orang agar kita dapat juga keridhaan Allah.

* Qaidah 8

Guna memelihara keluhuran dan kemurnian dasar jiwa Pesantren kita, janganlah kejadian segala peraturan Pesantren menyimpang dari qaidah-qaidah ini.

* Qaidah 9

Dengan sabar dan tawakkal, kita harus mencapai tingkat dan martabat rasa.

Pengorbanan yang kita berikan untuk mendidik diri pribadi dan masyarakat, harus kita berikan dengan ikhlas seikhlas-ikhlasnya hingga pemberian pengorbanan kita itu, tidak terasa lagi oleh kita karena orang yang ikhlas mengabdi dan berkorban untuk Allah dan karena Allah itu tentu tidak merasa lagi kalau ia berkorban dan berbakti tetapi kelahiran dan kebatinan (segala gerak dan geriknya) orang yang demikian itu dimana saja dan pada waktu apa saja tentu berfaedah dan bermanfaat kepada lain orang (masyarakat).

Tata Nilai

* Nilai beragama

Pernyataan kesaksian terhadap atas Keberadaan Tuhan, Zat Al-Ghaib, Mutlak KeberadaanNya, Allah NamaNya tidak hanya didasarkan pada percaya bahwa Tuhan itu ada, namun pernyataan pembuktian Keberadaan Tuhan, Zat Al-Ghaib, Mutlak KeberadaanNya, Allah NamaNya hingga makrifat Billah. Karena hakekat Wahyu dari Allah kepada Nabi SAW adalah perihal Tauhid, tentang “Keberadaan Zat Al-Ghaib Yang Allah Nama-Nya” tersebut untuk dapatnya dikenali oleh hamba sehingga mengenalinya dengan sebenar-benarnya mengenal, dihayati dalam rasa hati (hati nurani) dimana saja dalam keadaan apa saja, dalam beraktivitas apa saja dan dalam kondisi dimana dan kapan saja.

* Nilai berdunia

Bekerja, rajin, terampil, profesional, berpengetahuan, dan hal-ikhwal berdunia lainnya, namun semua itu untuk memproses penafian diri dan me-Maha Sucikan Keberadaan Diri Zat Al-Ghaib Yang Allah NamaNya.

* Nilai Pendidikan

Mendidik diri pribadi dan orang lain bisanya makrifat billah. Kesadaran berpikirnya, kesadaran dalam merefleksikan diri, kesadaran dalam menentukan arah hidup dan masa depannya, adalah al-arif billah sehingga terbebaskan dari belenggu hawa nafsu, belenggu taghut yang selalu menawari manusia dengan pandangan-pandangan baik sebenarnya sama sekali tidak sejalan dengan Kehendak Tuhan.

Lingkup program

* Membuat model sekolah dari tingkat prasekolah sampai tingkat perguruan tinggi dengan penyertaan nama POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa) yaitu: TK POMOSDA, SMP/MTs POMOSDA, MA/SMU POMOSDA dan STT POMOSDA.
* Program pelayanan masyarakat dengan menyelenggarakan program kemandirian program pendidikan dan pelatihan kerja BLK POMOSDA dan LPK POMOSDA.
* Proses pembelajaran untuk tingkat SMP dan SMU merupakan program terpadu kesatuan system pondok dan system madrasah/sekolah yaitu dengan semua siswa/siswi/santri berasrama, mengintegrasikan model pendidikan keluarga, pendidikan lingkungan, pendidikan diri sendiri serta pendidikan regular.
* Melaksanakan program minat dan bakat ketrampilan/vokasional skill bagi siswa/santri.
* Melaksanakan program pemahaman, pengkajian, pendalaman dan pelaksanaan serta penghayatan beragama dengan melakukan kajian tasawuf, filsafat, fiqih, akidah dan akhlaq.
* Program kegiatan anak asuh dari siswa/santri orang tua kurang mampu.

Program Kompetensi Pembelajaran

* Program peningkatan penguasaan materi mata pelajaran / mata kuliah
* Program pembentukan dan menumbuh kembangkan kesadaran beragama peningkatan dan pendalaman serta pengamalann IMTAQ
* Program pembinaan kesiswaan/kepondokan dan kemahasiswaan.
* Program pengkayaan metodologi belajar, pengkayaan pengalaman belajar.
* Program penguasaan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa.
* Program pengembangan minat dan bakat dengan program vokasional skill.
* Ketrampilan komputer program software dan hardware.
* LPK POMOSDA merupakan program pendidikan dan ketrampilan dengan program jasa: Install program, pengetikan, sablon dan rental.
* BLK POMOSDA merupakan program yang diorientasikan kepada siswa/siswi atau santri tingkat SMP dan SMU dalam program pengembangan minat dan bakat ketrampilan: Komputer hardware dan software; elektro; menjahit; pertanian, peternakan dan perikanan; system keuangan; administrasi; dan otomotif.
Read More..

Rabu, 16 Juni 2010

Reggae dan Rasta


Di Indonesia, reggae hampir selalu diidentikkan dengan rasta. Padahal,
reggae
dan rasta sesungguhnya adalah dua hal yang berbeda. "Reggae adalah nama
genre musik, sedangkan rasta atau singkatan dari rastafari adalah
sebuah pilihan jalan hidup, way of life," ujar Ras Muhamad (23),
pemusik reggae yang sudah 12 tahun menekuni dunia reggae di New York
dan penganut ajaran filosofi rasta. Repotnya, di balik ingar-bingar dan
kegembiraan
yang dibawa reggae, ada stigma yang melekat pada para penggemar musik
tersebut. Dan stigma tersebut turut melekat pada filosofi rasta itu
sendiri. "Di sini, penggemar musik reggae, atau sering salah kaprah
disebut rastafarian, diidentikkan dengan pengisap ganja dan bergaya
hidup
semaunya, tanpa tujuan," ungkap Ras yang bernama asli Muhamad Egar ini.
Padahal, filosofi rasta sesungguhnya justru mengajarkan seseorang hidup
bersih, tertib, dan memiliki prinsip serta tujuan hidup yang jelas.
Penganut rasta yang sesungguhnya menolak minum alkohol, makan daging,
dan bahkan mengisap rokok.
Rastafari adalah spirit perlawanan yang harus tetap hidup dan jadi spirit kita untuk bisa bebas dari belenggu kapitalisme dan neoimperialisme sebagai turunannya. Kalau dahulu kaum Rastafarian berjuang melawan belenggu perbudakan, kini pun sama halnya. yang membedakan adalah bukan melawan perbudakan fisik melainkan perbudakan budaya dan ekonomi.Musik reggae semakin menguatkan kebenciannya terhadap ketidakadilan dan
penyalahgunaan wewenang. Setiap ditilang polisi, ia lebih memilih berdebat daripada "berdamai".
Read More..

Selasa, 15 Juni 2010


Bicara soal asteroid, Pesawat penelitian ruang angkasa Jepang, Hayabusa, telah kembali ke Bumi dengan membawa contoh debu dari asteroid Itokawa. Debu tersebut diharapkan bisa membuka teka-teki proses awal pembentukan sistem Matahari pada tata surya kita.

Hayabusa yang mendarat di daerah terlarang militer Woomera di bagian selatan Australia itu mengangkasa tahun 2003. Dia mencapai asteroid berbentuk kentang Itokawa pada 2005. Sekretaris Parlemen Australia untuk Inovasi dan Industri Richard Marles berkomentar, "Sebenarnya, untuk membawa sampel itu ke planet ini sudah terlambat. Namun, itu lebih baik daripada tidak. Sungguh sebuah pencapaian yang menakjubkan."

Sementara itu, ingatan kita mungkin masih segar. Bulan lalu Jakarta digegerkan oleh jatuhnya meteoroid di sebuah rumah di Duren Sawit, Jakarta. Kabar serupa datang dari Bima, Nusa Tenggara Barat—yang kemudian terbukti hanya akibat dari rusaknya jaringan listrik. Sebelumnya, telah ada beberapa catatan meteoroid jatuh di wilayah Indonesia.

Di Australia barat, tahun 1960, dua pekerja di Millbillillie menyaksikan sebuah bola api meluncur ke bumi. Sepuluh tahun kemudian baru ditemukan serpihan meteoroid.

Survei oleh institusi the International Spaceguard sejak tahun 1998 telah menghasilkan katalog berisi semua asteroid yang jaraknya cukup dekat dengan Bumi (near earth asteroids/NEA). Asteroid-asteroid tersebut diameternya lebih panjang dari satu kilometer. Di sisi lain, asteroid kecil yang diameternya berukuran kurang dari satu kilometer sebagian besar masih tidak terdeteksi.

Meskipun impak langsung akibat ditumbuk asteroid kecil tidak bersifat ekstrem, asteroid kecil ini jumlahnya amat banyak. Mereka berkeliaran di luar angkasa. Akibatnya, kemungkinan tertumbuk asteroid kecil semakin besar. Peristiwa inilah yang diteliti dan impak tumbukannya dihitung.

Dari bumi ke angkasa

Sebelum tahun 1991, informasi tentang asteroid hanya bisa didapatkan melalui penelitian yang berbasis di Bumi. Sejumlah penelitian berbasis Bumi yang dilakukan, di antaranya, adalah pada asteroid Toutatis, Castalia, Geographos, dan Vesta.

Toutatis, Geographos, dan Castalia diamati dengan radar saat mereka berada di dekat Bumi, sementara Vesta diamati dengan teleskop ruang angkasa Hubble.

Baru pada Oktober 1991, asteroid 951 Gaspra didatangi oleh pesawat ruang angkasa Galileo. Ini merupakan asteroid yang pertama kali bisa dipotret dengan resolusi tinggi. Galileo kembali mengamati asteroid, kali ini asteroid 243 Ida pada Agustus 1993. Keduanya dimasukkan ke dalam klasifikasi tipe-S, komposisinya dominan unsur silikat.

Pada 27 Juni 1997, pesawat ruang angkasa NEAR mendekati asteroid 253 Mathilde dengan kecepatan tinggi. Hal itu merupakan pertama kalinya para ilmuwan bisa mengamati dari dekat asteroid tipe-C, asteroid ini kaya akan unsur karbon. Penelitian ini unik karena NEAR tidak dirancang untuk melakukan penerbangan di dekat asteroid itu. NEAR ditujukan untuk mengamati asteroid Eros pada Januari 1999.

Dampak tumbukan

Penelitian awal itu dilakukan untuk meneliti dampak dari tumbukan sejalan peningkatan energi. Sebuah asteroid berbentuk telur berkecepatan sekitar 19.000 kilometer per detik dengan diameter bervariasi (bentuknya tidak rata) akan meningkat energi kinetiknya.

Contohnya, sebuah asteroid berdiameter 100 meter akan menyebabkan kematian di lokasi setempat dan kerusakan luas yang bisa menjangkau hingga ke beberapa negara saat asteroid menumbuk Bumi entah di daratan atau di lautan.

Sementara asteroid berdiameter 200 meter yang menghantam Bumi di lautan impaknya amat signifikan, antara lain bisa memicu terjadinya tsunami yang berdampak global. Adapun asteroid berdiameter 500 meter yang jatuh di lautan akan menyebabkan kematian masif dan kerugian ekonomi skala global.

Nick Bailey dari Universitas Southampton Jurusan Ilmu Teknik, Inggris, bersama rekannya, Dr Graham Swinerd dari universitas yang sama, dan Dr Richard Crowther dari Laboratorium Rutherford Appleton Laboratory, Inggris, telah mengembangkan perangkat lunak yang mampu mengukur besarnya potensi risiko tumbukan asteroid pada Bumi.

Perangkat lunak itu dinamai NEOimpactor. Perangkat ini secara khusus dikembangkan untuk mengukur dampak dari tumbukan asteroid berukuran "kecil"—berdiameter kurang dari satu kilometer—ke Bumi.

"Potensi ancaman asteroid menabrak Bumi semakin hari semakin disadari dan diterima sebagai bencana alam tunggal terbesar yang dihadapi oleh kemanusiaan," ujar Bailey.

Tim peneliti tersebut menggunakan data mentah dari simulasi impak beruntun. Hasilnya digunakan untuk menetapkan peringkat setiap negara. Peringkat tersebut didasarkan pada seberapa sering sebuah wilayah akan dihantam asteroid dan seberapa parah dampak dari setiap tumbukan tersebut.

Hasilnya menunjukkan, ada 10 negara yang paling berisiko kejatuhan asteroid, yaitu China, Indonesia, India, Jepang, Amerika Serikat, Filipina, Italia, Inggris, Brasil, dan Nigeria.

Jika dilihat dari sudut korban jiwa, China, Indonesia, India, Jepang, dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang paling terancam. Artinya, korban jiwa akan sangat banyak. Sementara dari segi dampak ekonomi terparah, negara-negara seperti Amerika Serikat, China, Swedia, Kanada, dan Jepang adalah yang paling menderita karena hancurnya infrastruktur.

Dari dua aspek dampak tersebut, Inggris berada di urutan kedelapan dalam daftar negara-negara paling rawan terkena dampak. Dari daftar 20 besar untuk kedua dampak itu, lebih dari 10 negara muncul pada kedua daftar dampak. "Dampaknya pada populasi dunia dan pada infrastruktur memang luar biasa besar," kata Nick.

"Sekitar seratus tahun lalu, sebuah lokasi yang terpencil di dekat Sungai Tunguska di kawasan Siberia menjadi lokasi jatuhnya meteoroid. Dampaknya amat luar biasa, padahal asteroidnya hanya berdiameter sekitar 50 meter. Asteroid tersebut meledak di udara. Dampak saat itu hanya berupa hancurnya hutan—yang langsung rata dengan tanah," tambahnya.

Dia melanjutkan, kalau saja asteroid jatuh di London, dampaknya sama dengan dampak yang diakibatkan gempa besar bermagnitudo 25 (M25), yang berarti bisa menghancurkan semua yang ada di sekitar episentrum. Catatan: magnitudo di atas 8 memiliki kategori tersebut: menghancurkan semuanya yang ada di sekitar episentrum.

"Dari hasil itu berarti, negara-negara tersebut merupakan negara-negara yang terbesar berisiko mengalami bencana besar. Oleh karena itu, mereka harus segera menyiapkan langkah-langkah mitigasi menghadapi ancaman itu," tutur Nick.

Bencana yang mengintip dari luar angkasa selama ini memang tidak terlalu populer. Jauh berbeda dibandingkan dengan bencana geologis atau bencana iklim. Bencana dari luar angkasa memang jarang terjadi, tetapi dampaknya sebenarnya bisa amat masif. (Nationalgeographic.com, Solarviews.com/AFP/BRIGITTA ISWORO L)
Read More..

Sabtu, 12 Juni 2010

Sensasi Minuman Karbonasi

Perkembangan Konsumsi Soft Drink

SELAIN fast food, soft drink menjadi fenomena yang sangat populer di Indonesia, bahkan dunia. Banyak muncul anggapan bahwa nggak minum soft drink, nggak keren. Tapi, tahu nggak sih sejak kapan minuman itu dikonsumsi. Kira-kira, apa ya isi soft drink tersebut?

Saat ini soft drink sangat digemari di Indonesia. Rasanya yang nikmat dan siap saji sangat menggugah selera. Itu didukung suhu udara yang cukup tinggi di negara kita. Soft drink pertama diracik di negara bagian Georgia dan South Carolina.

Sejak diproduksinya Coca-Cola pada 1886, soft drink menjadi minuman paling populer di Amerika Serikat (AS). Eksistensinya mengungguli kopi, teh, dan jus. Di wilayah utara AS yang beriklim subtropis dan dingin, minuman beralkohol menjadi favorit.

Sedangkan di AS bagian selatan yang panas, soft drink-lah yang populer. Karena kepopulerannya, soft drink bahkan menjadi budaya bagi rakyat AS.

Saking membudayanya, soft drink bermerek Coca-Cola menjadi favorit tentara AS. Minuman itu dibawa saat Perang Dunia II. Robert Woodruff, presiden Coca-Cola Company saat itu, berkata, "Setiap pria berseragam harus bisa mendapatkan sebotol Coca-Cola seharga 5 sen, di mana pun dia berada, tak peduli berapa pun biaya yang ditanggung perusahaan."

Coca-Cola yang pada 1939 hanya memiliki lima pabrik pengemasan di luar pulau segera berkembang menjadi 64 hanya dalam waktu enam tahun. Perkembangan pesat Coca-Cola itu lambat laun masuk ke Indonesia. Promosi gencar yang dilakukan perusahaan soft drink membuat setiap restoran, depot, warung, bahkan pedagang kaki lima selalu menyediakan soft drink.

Merek-merek soft drink seperti Coca-Cola, Fanta, Sprite, Pepsi, dan 7-up mulai akrab di telinga kita. Banyaknya pilihan rasa, buah cola, jeruk, nanas, coffee cream, root beer hingga cream soda membuat kita susah berpaling. Perlahan-lahan masyarakat mulai meninggalkan teh dan kopi. Mereka mulai beralih ke soft drink.

Kepopuleran soft drink itu tak lepas dari jasa Joseph Priestley. Pada 1767 ilmuwan asal Inggris tersebut menemukan sebuah metode "menyuntikkan" CO2 ke dalam air. Kala itu Priestley menaruh semangkuk air suling di atas sebuah tong bir. Sejak saat itu, dikenallah istilah air berkarbonasi, alias soda water, komponen utama dalam soft drink.

Saat ini pembuatan soft drink sudah jauh lebih maju. Produsen-produsen soft drink besar seperti Coca-Cola Company dan PepsiCo sudah memiliki mesin-mesin raksasa untuk mengilang produknya. Bahkan, kita bisa membuat soft drink sendiri di rumah.

Dengan sebuah alat yang bernama The SodaStream, kita dapat menambahkan sensasi soda ke dalam minuman kita. Alat itu akan memaksa CO2 yang tersimpan dalam silinder bertekanan tinggi untuk masuk ke dalam air. Unsur CO2 itulah yang akan memberikan sensasi khas di mulut kita. (daf/bs/c10/kkn)

---

Diet Coke + Mentos = Have Fun!

Buat kamu yang suka jahilin temen, Si Det punya cara oke nih! Pertama, siapin sebotol Diet Coke, permen Mentos, benang, dan jarum. Masukkan benang ke dalam mentos dengan jarum. Sisakan sedikit benang di bagian luar permen. Gantungkan permen mentos ke dalam botol dengan cara meletakkan benang yang ada di permen tadi pada bibir botol. Tutuplah botol Diet Coke sekaligus dengan benangnya. Rapikan sisa benang yang menguntai di luar botol agar tidak ketahuan. Yap, jebakan sudah siap. Nanti saat tutup botol dibuka, maka secara otomatis permen jatuh ke dalam botol, dan CROOOOTT !! Diet Coke akan muncrat ke mukanya! (da/bs/kkn)
Read More..

Jumat, 11 Juni 2010

TTG PENGOLAHAN PANGAN PEMBUATAN RAGI TAPAI (STARTER TAPAI)

1. PENDAHULUAN
Serealia dan umbi-umbian banyak tumbuh di Indonesia. Produksi serealia terutama beras sebagai bahan pangan pokok dan umbi-umbian cukup tinggi. Begitu pula dengan bertambahnya penduduk, kebutuhan akan serealia dan umbi-umbian sebagai sumber energi pun terus meningkat. Tanaman dengan kadar karbohidrat tinggi seperti halnya serealia dan umbi-umbian pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Serealia dan umbi-umbian sering dihidangkan dalam bentuk segar, rebusan atau kukusan, hal ini tergantung dari selera.
Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja. Misalnya dengan mengolah serealia dan umbi-umbian menjadi berbagai bentuk awetan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama disimpan. Bentuk olahan tersebut berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainya. Hal ini sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengatasi masalah kebutuhan bahan pangan, terutama non-beras.

2. BAHAN
1. Ketan Putih 1 ½ kg
2. Bawang Putih 50 gram
3. Merica 50 gram
4. Lengkuas (laos) 7 ½ gram
5. Cabai untuk jamu 50 gram
6. Air perasan tebu secukupnya
3. ALAT
1. Alat penumbuk (alu)
2. Tampah (nyiru)
3. Ayakan halus
4. Merang (jerami)
5. Baskom (jerami)
6. Baskom atau panci
7. Daun pisang atau lembaran plastik
4. CARA PEMBUATAN
1. Haluskan merica dan cabai, kemudian ayak;
2. Tambahkan bawang putih dan lengkuas lalu haluskan lagi sampai rata;
3. Rendam ketan putih semalam, tiriskan kemudian keringkan. Tumbuk sampai halus lalu ayak;
4. Campur bumbu dan tepung sampai rata;
5. Tambahkan air perasan tebu sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk, tetapi tidak terlalu basah;
6. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan pipih (diameter ± 4 cm);
7. Letakkan pada tampah bambu yang telah dialasi merang padi, kemudian taburi bagian atasnya dengan ragi;
8. Tutup dengan daun pisang atau lembaran plastik;
9. Simpan selama ± 2 malam agar tumbuh jamur;
10. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari selama ± 2~5 hari atau di atas tungku bila musim hujan;
11. Simpan ditempat yang kering.
5. DIAGRAM ALIR PEMBUATAN RAGI TAPAI


6. DAFTAR PUSTAKA
Tape Ketan. Dalam : Profil industri.. Jakarta : Proyek Bimbingan dan Pengembangan Industri Kecil, Departemen Perindustrian, s.a
Read More..
1. Gammu
Gammu adalah suatu software yang digunakan untuk membuat SMS Gateway yang tidak berbayar alias gratis. Gammu bukanlah Aplikasi jadi, tapi dia merupakan sebuah modul yang bisa digabungkan dengan Bahasa pemrograman
apa saja. Seperti web based, bisa dengan PHP atau ASP, Delphi atau Visual Basic. Bahkan tanpa pemrogramanpun, bisa mengirim dan menerima SMS lewat computer , hanya saja tidak ada interfacenya, Tetapi hanya bisa
mengaksesnya lewat database administration .


2. Cara Menyetting Gammu
Setting gammu versi 10 dengan handphone sony ericsson w200i
• Langkah pertama Download gammu versi 10 berikut ini
http://www.4shared.com/file/248965295/700b07f9/gammu-install.html
• Langkah Kedua (Ekstrak File)
ekstrak file yang telah didownload di komputer. Kemudian File hasil ekstrak kita letakkan di C:\ sehingga akan didapatkan folder Gammu nya di C:\gammu

• Langkah Ketiga (Setting Konfigurasi Gammu)
Setelah file Gammu diekstrak, langkah berikutnya adalah setting konfigurasi. Setting ini diperlukan guna keperluan penyesuaian jenis HP dan nomor port yang akan digunakan. Caranya adalah edit file ‘GAMMURC‘ yang ada di dalam direktori ‘C:\gammu‘.
parameter port itu diisi dengan nomor port sesuai lokasi colokan HP. Untuk mengetahui nomor port caranya masuk ke Control Panel – Phone and Modem Options – Modem. bila HP sudah tercolok di PC dan drivernya sudah terinstal dengan baik maka pastinya pada bagian tersebut akan muncul nomor portnya. Ubahan GAMMURC adalah
port =com4:
model=w200i
connection =at112500


• Langkah Keempat (Uji Koneksi)
Langkah terakhir untuk proses setting GAMMU ini adalah melakukan uji koneksi antara Gammu dengan HP/modem. Langkah ini dilakukan setelah proses setting konfigurasi dilakukan.
Caranya adalah dengan masuk folder ‘C:\gammu‘ pada direktori Gammu via DOS PROMPT. Lalu ketikkan perintah ini pada command promptnya. Ketik
cd C:\ enter
C:\ cd gammu\ enter
C:\gammu gammu identify enter
setelah mengetik perintah tersebut dienter lalu muncul informasi mengenai HP, dan koneksi antara Gammu dengan HP telah sukses.
• Langkah Kelima (Membuat Database MySQL untuk Gammu)
Langkah ini bertujuan untuk menyiapkan database MySQL untuk menampung data-data SMS yang diperlukan Gammu untuk SMS Gateway. Caranya adalah kita buat database dengan nama ‘sms‘ menggunakan phpMyAdmin. Lalu buat tabel-tabel yang diperlukan oleh Gammu.
• Langkah Keenam (Setting Konfigurasi Untuk SMS Daemon)
Langkah ini dilakukan setelah setting database untuk Gammu. SMS daemon pada Gammu digunakan untuk proses pembacaan otomatis SMS yang diterima lalu disimpan ke database. SMS daemon juga diperlukan untuk keperluan pengiriman SMS.
Untuk melakukan setting SMS daemon, kita buka file ‘SMSDRC‘ yang terletak di direktori ‘C:\gammu‘. Bagian yang diubah adalah
Port=com4: sesuai yang ada di file GAMMURC
connection =at115200 sesuai yang ada di GAMMURC
service = mysql diisi dengan ‘mysql’ karena kita akan menggunakan mysql sebagai storage data SMS
user = root diisi user database koneksi ke mysql
password = root diisi password koneksi ke mysql
pc = localhost diisi nama host mysql
database = sms
Catatan: hilangkan tanda # di depan parameter-parameter di atas bila ada.

• Langkah Ketujuh (Membuat Gammu Service)
Langkah ini bertujuan untuk membuat service Gammu di Windows. Dengan dibuatnya service di Windows ini kita bisa lebih mudah menjalankannya tanpa menggunakan perintah tertentu di command prompt, Untuk membuat Gammu service di Windows, ketikkan perintah ini di DOS PROMPT setelah masuk ke folder ‘C:\gammu‘. gammu-smsd -c smsdrc –i. bila ada konfirmasi bahwa proses pembuatan service sukses, maka Anda akan melihat service Gammu muncul pada daftar service yang berjalan di Windows.
Service ini bisa dilihat melalui ‘CONTROL PANEL > Administrative Tools > Services’. Nah.. untuk menjalankan service Gammu ini tinggal klik START pada service Gammu tersebut.
Read More..
Grand Opening
Manusia (mortal man) adalah golongan terendah dalam jagad semesta seluruhnya. Dalam alam semesta lokal, manusia juga masuk dalam kategori paling bawah. Di atas kita, ada golongan Midwayers, malaikat Cherubim dan Serafim, Life Carrier (ahli kehidupan fisik), Lanonandek (eksekutif), kemudian Vorondadek (pembangun), Melchizedek (guru), Creator Son (pencipta), Magisterial Son (hakim), Immanuel (chairman-komisaris) dan masih banyak lagi golongan yang lain.
Namun demikian, manusia diberikan suatu hak yang sangat besar, yaitu kenaikan (ascending), yaitu bertumbuh dalam kepribadian dan pengalaman, sampai tingkat yang tidak terbatas. Kita disebut Ascending Sons of God. Jangka waktunya adalah kekekalan. Masa depan kita sangat cemerlang, dan tugas kita mendatang tidak akan terbayangkan.
Hidup di dunia adalah masa percobaan, atau karier kita yang pertama dalam alam semesta. Jika kita lulus dalam test pertama ini, maka akan mendapat hak untuk hidup selama-lamanya. Jika tidak, kita akan dimusnahkan dan dipersonalisasi ulang. Salah besar, jika hidup kita yang pendek di Bumi ini kita pakai untuk mengejar ambisi pribadi dan melakukan yang jahat. Kita akan menuai apa yang kita tabur, dan akhirnya adalah kematian kekal.
Read More..

About Me

Foto saya
Belajar dari kesalahan, mengendalikan diri dan menerima kekurangan orang lain adalah hal besar yang perlu dipelajari. Teruslah Berkarya dan Anggap Suatu Masalah Sebuah Seni Kehidupan. Djanggan Cahya Buana, 21 Desember.

Artikel

Berpikir dan Berjiwa Besar Percaya Anda dapat berhasil, Keberhasilan seseorang ditentukan oleh besarnya cara berpikir seseorang, Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil, bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan. Berpikir ragu maka Anda gagal. Berpikir menang maka Anda berhasil. Kepercayaan diri berhubungan dengan rasa berharga dalam diri manusia. Setiap orang adalah produk dari pikirannya. Percayalah akan hal-hal yang besar. Langkah pertama (dasar) menuju keberhasilan adalah percayalah kepada diri sendiri, percayalah bahwa Anda dapat berhasil.